SELAYAR MAPAN MANDIRI

Gong Nekara


Gong nekara ini merupakan gong perunggu yang diyakini sebagai gong terbesar dan tertua di dunia buatan kebudayaan Dong Son. Gong ini terletak di kampung Matalalang kecamatan Bontoharu kabupaten kepulauan Selayar Sulawesi Selatan Indonesia. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari kota Benteng Selayar atau sekitar 5 menit dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. 

Gong Nekara Selayar


Berdasarkan penelitian ahli sejarah gong ini memiliki luas lingkaran 396 cm persegi, luas lingkaran pinggang 340 cm persegi dan tinggi 95 cm serta keunikan dengan adanya gambar flora dan fauna yang terdiri dari 16 ekor gajah, 54 ekor burung, 18 ekor ikan dan 11 pohon sirih. sementar di permukaan gong ini terdapat 4 arca yang berbentuk kodok dengan panjang 20 cm, hiasan geometris dan pola bintang berbentuk di area pukul gong dan disamping terdapat 4 daun telinga yang berfungsi sebagai pegangan.

Gong Nekara

Sekitar 20 meter dari tempat ini terdapat hutan manggrove sebagai objek wisata tambahan, Pengunjung akan menikmati pesona hutan manggrove. Tempat ini biasa dikunjung tiap hari disore hari dan digunakan sebagai salah satu tempat selfi ria dan menikmati sunset.

Hutan Manggrove Selayar
Hutan manggrove


0 Komentar untuk : Gong Nekara