SELAYAR MAPAN MANDIRI

  Jangkar Raksasa dan Meriam Kuno


Jangkar Raksasa dan Meriam Kuno ini adalah benda peninggalan sejarah, disimpan di dalam sebuah bangunan terletak di kampung Padang kecamatan Bontoharu kabupaten kepulauan Selayar Sulawesi Selatan Indonesia dan disimpan di dalam sebuah bangunan. Sekitar 700 meter dari bandara Aroepala Selayar dan 7 kilometer dari kota Benteng Selayar, dapat menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

Jangkar Raksasa dan Meriam Kuno

Jangkar Raksasa

Jangkar ini diyakini terpanjang dan terbesar di masanya, jangkar ini diperkirakan merupakan peninggalan pedagang Cina pada abad 17-18. Ada 2  jangkar di tempat ini, jangkar pertama dengan ukuran panjang batang 226 cm, panjang lengkungan 167 cm, lingkar batang 60 cm dan jangkar kedua berukuran panjang batang 229 cm, panjang lengkungan 117 cm, lingkar batang 70 cm. Tempat ini biasa dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan asing serta beberapa peneliti budaya dan sejarah.

Meriam Kuno

Meriam ini jumlahnya ada 3 buah dan ukurannya bervariasi. Meriam I dengan ukuran panjang 117 cm, diameter mulut 17 cm, dan diameter lubang mulut 8 cm. Meriam II dengan ukuran panjang 123 cm, diameter mulut 23 cm, dan diameter lubang mulut 10 cm. Meriam III dengan ukuran panjang 125 cm, diameter mulut 18 cm, diameter lubang mulut 8 cm. Konon pemiliknya adalah seorang saudagar dari Gowa keturunan Cina yang bernama Baba Desan. Saudagar ini datang ke Padang bersama armada dagangnya dalam rangka mencari perairan  baru untuk mendapatkan hasil laut dan akhinya saudagar ini menetap.


Jangkar Raksasa dan Meriam Kuno

0 Komentar untuk : Jangkar Raksasa dan Meriam Kuno