SELAYAR MAPAN MANDIRI

PERKAMPUNGAN TUA BITOMBANG

 

Perkampungan Tua Bitombang

Perkampungan unik dengan arsitektur kuno yang topografi alamnya berundak dan berbukit, sehingga rumah panggung di daerah ini memiliki tiang rumah yang bervariasi, pada bagian belakang rumah (daerah dapur) sekitar 10- 15 meter dan bagian depan sekitar 1-3 meter. Tiang rumah terbuat dari kayu Holasa dan atap rumah yang terbuat dari bambu yang tersusun rapi. Rumah ini berumur ratusan tahun, ini dibuktikan dengan tiang-tiang rumah yang sudah tidak nampak lagi warna aslinya. 


Perkampungan Tua Bitombang

Perkampungan ini terletak di kampung Bitombang kelurahan Bontobangun kecamatan Bontoharu kabupaten kepulauan Selayar Sulawesi Selatan Indonesia atau sekitar 7 kilometer dari kota Benteng Selayar. Tempat ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Perkampungan ini sudah dinobatkan menjadi salah satu destinasi wisata di kabupaten kepulauan Selayar.

Perkampungan Tua Bitombang
Kampung ini relati kecil, jaraknya dari gerbang sampai ke ujung kampung sekitar 1 kilometer. Uniknya lagi penduduk dikampung ini masih ada yang berusia lanjut (usia 90 tahun keatas) dan mereka masih kuat bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

0 Komentar untuk : Perkampungan Tua Bitombang